Laman

Minggu, 15 November 2015

IPAL KOMUNAL CANDEN, BANTUL YOGYAKARTA


Selama Kerja Praktek di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul, Khususnya bagian sanitasi. Kebetulan topik itu ngga jauh dari tema tugas akhir yang mau diangkat sebelumnya walaupun akhirnya tidak jadi dikarenakan syarat-syarat yang sulit (Administrasi Rumah Sakit lumayan ribet http://www.picgifs.com/graphics/o/onion/graphics-onion-904243.gif, tema yang diambil tentang sanitasi juga ). 
Di Bantul ini sedang gencar-gencarnya pembangunan IPAL singkatan dari instalasi pengolahan air limbah. Walaupun sudah ada IPAL terpusat tetapi daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau, diberi alternatif lain yakni membuat bangunan IPAL Komunal sendiri. Sebenarnya pembangunan ini ditujukan karena septitank sekarang atau yang biasa di rumah-rumah sekarang kurang efektif dengan keadaan masa kini. Banyaknya ditemukan kebocoran (Seperti kasus disuatu tempat. septitanknya tidak pernah penuh karena bocor, merembes ke dalam tanah. Padahal disamping septitank itu ada sumur yang jaraknya cuma beberapa meter saja. Jadi kemungkinan lari ke ??http://www.picgifs.com/graphics/o/onion/graphics-onion-690387.gif). Selain itu juga pemukiman yang padat juga menjadi salah satu sebab lainnya.
Pembangunan IPAL Komunal ini dibantu dari pemerintah sekitar hampir 400 jt sisanya ditambah dengan iuran warga sekitar. Pembangunan IPAL Komunal ini dapat melayani maksimal ±400 jiwa. Untuk mendapatkan bangunan IPAL Komunal ini, warga diwajibkan membuat proposal. Warga juga nanti membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat atau lebih mudahnya panitia untuk prosesnya dan pelaksanaannya agar lebih mudah dan terkoodinir.  Onion graphics
 

IPAL Komunal di Dusun Canden

  Posisi bangunan IPAL Komunal harus berada di dekat sungai.
IPAL Komunal Canden berada dekat di sungai Opak




 Gambar beberapa material dan alat




 Hampir final bangunan IPALnya, gambar 1. penulangan plat atap gambar 2. Siap tuang beton

 Pembuatan bekisting sebelah kiri dan kanan proses penulangan

 Proses pembuatan dinding atau sekat-sekat dalam bak IPAL
 Proses pembuatan adukan beton
Bak IPAL yang sudah jadi dan dipasang tutup manhole agar memudahkan penyedotan lumpur

Part 2
Penggalian jaringan pipa induk


Penggalian jaringan pipa sekunder

Lubang inspeksi 1

Lubang Inspeksi 2 yang membedakan dengan lubang inspeksi 1 dan 2 adalah ukuran dan penempatannya. Lubang Inspeksi satu diletakkan disepanjang jalur induk sedangkan lubang inpeksi 2  diletakkan di jalur sekunder (bercabang)

Pembuatan bak  penangkap lemak
Oh iya ketinggalan, botol filter yang bakal dipasang di bak IPAL yang fungsinya tentu saja untuk filter air ^^


Kira-kira seperti itu . Sekian. Maaf kualitas kamera kurang bagus http://www.picgifs.com/graphics/o/onion/graphics-onion-159782.gif

Tidak ada komentar: